Wednesday, July 15, 2009

ppt. engineer

Lulus sebagai tukang metalurgist, tapi kerja sebagai juru ketik alias notulen. Kuliah bertahun-tahun mempelajari diagram fasa dan tanur listrik, sekarang ke pabrik pun tidak.Yup,.. ada pelacur disini, alias pelan-pelan curhat.. Tidak sedikit orang yang bekerja tidak sesuai dengan background pendidikan. Ada yang karena panggilan jiwa ada juga yang karena terpaksa. Sama dunk ama panggilan alam jeung, hehehe... Tidak masalah jika ternyata pekerjaan yang dilakoni tidak sama dengan kuliah, malahan banyak orang yang sukses dari menggeluti hobi. Tapi itu adalah sepersekian persen orang-orang kreatif yang menjadi entepreneur, sisanya sembilan puluh sekian persen adalah lulusan yang ngelamar kerja kemana-mana. Dengan kondisi saat ini, katanya sih krisis global tapi kayaknya Indonesia tenang-tenang saja, mencari pekerjaan itu susah. Jadi apapun itu diterima saja, asalkan dapur bisa ngebul. Dan mungkin aku termasuk dalam statistik itu. Paling bisa deh nyari pembenaran.. Bayangkan, baru-baru ini ada BUMN yang membuka lowongan untuk 49 posisi, sedangkan yang melamar hampir 20.000. Woww....

Dari metallurgical engineer sekarang aku bertransformasi menjadi power point dan excel engineer. Yang penting masih engineer, hehehe.. Kalau dulu aku memanfaatkan excel hanya buat ngitung dan bikin formula, sekarang aku baru tahu betapa hebatnya si excel ini. Mengolah data, membuat formula, grafik, sampai trik-trik kecil lainnya.

Sebagai new comer, selain menjadi notulen, seringkali kita juga yang disuruh membuat presentasi. Tapi bukan elo kan yang presentasi?? Aku cukup sebagai asrot saja, alias tukang sorot. Keseringan membuat presentasi akan meningkatkan daya imajinasi seseorang (eleh berlebihan..). Biar presentasi tidak monoton, maka slide harus dibuat semenarik mungkin, kalau perlu tambah animasi ini itu.

Kalau masalah mengetik cepat, jangan ditanya. Bukan cuma sepuluh jari tapi sebelas jari. Thanks to ym messenger.. ya elah jeung.. kerja apa ceting..? Kan chatting engineer juga.

No comments:

Post a Comment